Uncategorized

Demam Permainan Lato-lato,  Ternyata Ini Manfaatnya…!

Palembang, Medconas. com–Siapa yang tidak kenal dengan permainan lato lato yang mendadak viral belakangan ini, permainan yang berbentuk dua bandul yang diikatkan pada tali kemudian diadu hingga berbunyi.

Ternyata permainan ini sudah ada cukup populer pada era 1990-an dna juga permainan ini juga dimainkan oleh dikenal di sejumlah negara.

Disebutkan bahwa mainan ini telah populer di tengah anak-anak Amerika Serikat (AS) sejak tahun 1960-an. Di Negeri Paman Sam, mainan ini dikenal dengan istilah clackers ball sebagaimana dilansir dari cnnindonesia.com

Dulu, mainan ini terjadi dari dua bandul yang terbuat dari bahan akrilik atau kaca. Kedua bola ini diikat pada tali dengan cincin atau pegangan kecil di bagian tengah. Cincin itu berfungsi untuk membuat kedua bandul saling mengadu dan bersuara.

Namun, bahan tersebut dinilai terlalu berbahaya. Pasalnya, bandul yang beradu bisa pecah. Bukan tak mungkin jika pecahan akrilik bisa mengenai tubuh anak yang memainkannya.

Karena berbahaya, bahan utama bandul pada mainan ini pun diganti. Bandul yang semula terbuat dari akrilik menjadi berbahan plastik, seperti yang terlihat saat ini.

Sekarang, latto-latto tak cuma jadi mainan anak. Banyak orang dewasa juga tertarik menjajal permainan ini.

Tak tanggung-tanggung, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun sempat menjajal mainan ini saat kunjungan kerjanya ke Subang, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Cara memainkan lato-lato terlihat mudah yaitu dengan cara menggoyangkan dan menyeimbangkan kedua bola agar saling berbenturan. Namun untuk sebagian orang yang baru mencoba mungkin akan bingung bagaimana mekanisme permainan ini.

Cara memainkan lato-lato:

  1. Masukkan jari telunjuk kanan diantara celah tali atau tepat di tengah-tengah
  2. Buat ikatan dengan cara memutar tali pengait berbentuk cincin
  3. Posisikan tangan seperti akan berjabat tangan saat memegang lato-lato.
  4. Jika sudah siap, gerakan perlahan tangan ke atas dan ke bawah sehingga dua bola lato-lato saling berbenturan dan menghasilkan bunyi
  5. Apabila gerakan sudah stabil, naikkan sedikit kecepatan tangan agar lebih kencang.
  6. Selalu jaga keseimbangan dan fokus
  7. Jangan menyerah untuk terus mencoba hingga berhasil

Manfaat Permainan Lato-Lato

Dibalik cara mainnya yang terlihat sederhana, lato-lato menyimpan banyak manfaat khususnya untuk anak kecil. Berikut ialah beberapa manfaat dari permainan ini:

  1. Menambah kepercayaan Diri
  2. Melatih kemampuan dasar motorik
  3. Melatih ketenangan pikiran
  4. Melatih kesabaran
  5. Melatih keseimbangan tubuh

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button