OLAHRAGA

Maskot POPNAS XVI Resmi Diluncurkan, Herman Deru : Semoga Jadi Lahan Prestasi dan Tingkatkan Ekonomi

Palembang, Medconas.com— Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru resmi melaunching logo dan maskot Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS)XVI Tahun 2023, di halaman Griya Agung Palembang, Senin (31/7).

Dimana launching tersebut dilakukan jelang 30 hari pelaksanaan POPNAS yang akan digelar di Sumsel.

Herman Deru mengatakan, dilaunchingnya logo dan maskot tersebut merupakan bukti dari kesiapan Sumsel sebagai tuan rumah POPNAS.

“Begitu banyak yang memang harus disiapkan dalam event ini. Karena ini bukan hanya jadi ajang rekreasi besar bagi para pelajar, tapi juga dapat menjadi langkah untuk meraih prestasi dan peningkatan ekonomi yang besar bagi masyarakat Sumsel,” kata Herman Deru.

Dia memprediksi, sedikitnya akan ada 10 ribu pegiat olahraga dari berbagai provinsi akan datang ke Sumsel khususnya Kota Palembang untuk bertanding pada POPNAS tersebut.

“Event ini tentu akan sukses jika syarat telah terpenuhi. Salah satunya adalah kesiapan kita sebagai tuan rumah. Tunjukkan jika kita bisa menerima siapapun dan bisa diterima siapapun,” terangnya.

Dia menyebut, ditunjukkan Sumsel sebagai tuan rumah merupakan kebanggaan tersendiri.

“Ini merupakan kebanggaan bagi kita, karena memang banyak daerah lain yang ingin jadi tuan rumah. Pengalaman dan kesuksesan Sumsel sebagai tuan rumah berbagai kegiatan olahraga nasional maupun internasional menjadi poin penting sehingga Sumsel ditunjuk sebagai tuan rumah ,” paparnya.

Bahkan, lanjutnya, ajang POPNAS ini juga akan berdampak bagi sektor pariwisata Sumsel.

“Karena itu, para pelajar ini harus siap guide dan duta pariwisata Sumsel sehingga semakin dikenal. Termasuk juga wisata kuliner yang ada di Sumsel ini,” tuturnya.

Diketahui, Sumsel sendiri merupakan tuan rumah tunggal dalam event ini, setelah sebelumnya Provinsi Bangka Belitung mengundurkan diri sebagai tuan rumah pesta olahraga pelajar tersebut.

Awalnya, POPNAS XVI ini akan mempertandingkan 26 cabang olahraga. Namun, karena mundurnya Provinsi Bangka Belitung sebagai tuan rumah membuat cabang olahraga pun dikurangi menjadi 22 cabor.

Sementara itu, Asisten Deputi Sentra Pembinaan Olahraga Prestasi Kemenpora RI Bayu Rahardian mengaku takjub akan persiapan yang dilakukan Sumsel.

“Kami tentu sangat mengapresiasi atas persiapan Sumsel yang sangat baik. Sumsel merupakan provinsi yang komitmen menjadi tuan rumah POPNAS XVI ini,” katanya.

Menurutnya, POPNAS merupakan salah satu event olahraga nasional yang sangat bergengsi.

“POPNAS ini merupakan miniatur dari PON. POPNAS ini juga menjadi acuan untuk event-event selanjutnya. Jadi kita harapkan ini tak kalah Sukses dari event lainnya,” paparnya.

Dia pun mengingatkan agar promosi terus masif dilakukan sehingga gaung POPNAS semakin terdengar.

“Sebagai tuan rumah, saya minta Sumsel khususnya Palembang dapat terus memberikan sambutan hangat kepada kontingen dari daerah lain, sehingga mereka menjadi betah dan berkeinginan kembali lagi ke kota ini,” pungkasnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button