SUMSEL

Singgung Dana Karhutla Tahun Ini Tak Sebesar saat Asian Games, Ini Kata HD

Palembang, Medconas.com – Gubernur Sumsel, Herman Deru (HD) membicarakan tentang karhutla di Sumsel yang kerap terjadi empat tahun sekali di Sumsel kepada Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Gubernur bilang, ini adalah cerita klasik tentang kebakaran hutan dan lahan yang berulang, hal itu disampaikan saat mengecek kesiapan satgas penanganan Karhutla di Sumsel, Jumat (8/9).

“Berbagai masalah administrasi yang membuat karhutla berulang, meski begitu kami mengklaim penanganan yang dilakukan sudah maksimal,” katanya.

Menurut Gubernur, ada dua hal yang membuat karhutla ini bisa dapat diatasi yakni upaya manusia dan kasih sang pencipta.

Kebakaran yang ada di OKI ini bisa meluas karena lahan terbakar juga luas, sehingga SDM yang kurang menjadi kendala.

Deru mengatakan, dana penanganan karhutla tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya saat Asian Games mencapai Rp1 triliun.

Asian games menurutnya siaga karena takut malu dengan negara lain dan dananya hampir Rp1 triliun disiagakan, tapi sekarang tidak ada lagi dana 1 triliun dan tidak terlalu besar lagi.

Meski begitu, Deru meyakini dengan kehadiran Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman di Sumsel dapat memberikan terobosan bagaiman cara mengurangi asap dari karhutla.

Pihaknya siap saja bekerja, tapi tentu kerja yang di navigasi yang berkemampuan agar kami bisa lebih mengendalikan asap karena agak berbeda dengan provinsi lain karena masalah luasnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button