PALEMBANG

Ribuan Jemaah Padati Shalat Idul Adha di Masjid Agung, Polisi Sediahkan 10 Kantong Parkir

Palembang, Medconas.com,  —- –Puluhan ribu warga mengikuti Salat Idul Adha 1455 H di Masjid Agung Palembang atau Masjid Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) Jayo Wikramo membludak pada Senin (17/6/2024).

Humas Masjid Agung Palembang, Doly Nofiansyah mengatakan Masjid Agung Palembang akan menggelar Salat Idul Adha di lapangan pukul 07.00 WIB.

“Untuk khotib Ustad Mgs Fathoni Husin Umri, sementara untuk Imam Ustat Kgs. Adlan Maghfur, Al Hafizh,” katanya dikutip dari detik Sumbagsel.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kasatlantas Palembang AKBP Yenni Diarty mengatakan, diperkirakan lebih dari seribu jemaah akan memadati kawasan dalam dan luar Masjid Agung Palembang.

“Untuk mendukung pelaksanaan shalat, Polrestabes Palembang menyiapkan sekitar 10 kantong parkir kendaraan di kawasan lokasi Masjid Agung,” katanya

Titik kantong parkir di lingkungan Masjid Agung Palembang tersebar di sekitar wilayah Bina Sriwijaya, Klenteng 10 Ulu, depan Bank BRI Universitas Kader Bangsa (UKB), dan Parkir UKB.

Kemudian, kantong parkir juga disediakan di bawah Jembatan Ampera, Kampung Kapitan, bawah Ampera Pasar 16 Ilir, seputaran Masjid Agung, depan Museum SMB II, Jalan Rumah Bari, Jalan Kol Atmo, dan Jalan Letkol Iskandar Palembang.

“Banyaknya kantong parkir ini untuk memberikan kenyamanan bagi umat muslim yang akan melaksanakan ibadah Shalat Ied,” katanya.

Selain menyiapkan lokasi kantong parkir cukup banyak, pihak kepolisian juga sudah membuat skema dan arus jalan juga rute penutupan Jembatan Ampera Palembang selama pelaksanaan Shalat Ied berlangsung. Sebab wilayah Bundaran Air Mancur selalu ramai oleh jemaah yang ingin shalat di sana.

“Penutupan dilakukan untuk memastikan kelancaran pelaksanaan ibadah di Masjid Agung. Penutupan mulai dilakukan dari jam 06:00 WIB sampai shalat selesai,” katanya.

Sementara kata Sekertaris Umum Yayasan Masjid Agung Palembang, Kemas Iqbal Hasan Zainal, hingga kemarin, Sabtu (15/6/2024), sudah ada sembilan sapi kurban yang diserahkan kepada pihak masjid dan untuk pelaksanaan Shalat Ied nanti, jumlah jemaah bisa lebih dari 20 ribu orang.

“Ada dari Kapolda Sumsel satu ekor berat sapi 900 kg, dari Kodam II Sriwijaya, Kms H Halim, Gubernur Sumsel, 2 ekor BSB, Pj Walikota, Masjid Agung, Mawardi, kita masih menerima hewan kurban. Terutama dari Presiden RI,” katanya.

Related Articles

Back to top button