PALEMBANG

Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin : Hampir 70 Persen Kebudayaan Palembang Tinggal Nama

Palembang,Medconas.com—Hampir 70 persen kebudayaan Palembang tinggal nama. Seperti pembuat keris dan pedang rudus yang tidak ada lagi, pembatik yang benar benar membatik sudah hampir punah, kosa kata asli sudah tidak orisil. Demikian kata Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin kala menjamu Tenaga Pembangunan (TP) Sriwijaya dalam kunjungan silaturahmi ke Istana Adat Kesultanan Palembang Darussalam, Jum’at (11/3/2022).

“Saya merasa sangat terharu dan bangga atas inisiatif dari TP Sriwijaya yang ini melestarikan adat dan budaya dari kesultanan Palembang ini,” kata Sultan yang juga merupakan wakil ketua Pembina TP Sriwijaya ini.

“Kita melihat sekarang ini pelestari adat dan budaya Kesultanan Palembang ini hampir 60 sampai 70 persen sudah tergradasi dan bahkan bisa dikatakan hampir punah,” tambahnya.

Lebih lanjut Sultan mengatakan kedepanya dirinya bersama TP Sriwijaya akan bersinergi di semua bidang untuk membangun dan memberi kontribusi dari apa yang ada di Sumsel ini dan juga si Indonesia.

“Saya selaku Wakil Ketua Dewan Kehormatan TP Sriwijaya akan bersinergi dalam membangun Sumsel untuk memberi kontribusi, kita juga akan memberikan masukan masukan serta memperhatikan kinerja pemerintah untuk bersama sama sering dan memberikan solusi untuk membangun Palembang, Sumsel dan maupun Indonesia, untuk menuju Indonesia bangkit dan menjadi mercusuarnya dunia,” ungkapnya.

Disisi lain salah satu pengurus dari TP Sriwijaya Bidang pengembangan organisasi Zulkarnain menambahkan, kunjungan ke Sultan Iskandar Mahmud Badarudin ini wajib kita lakukan.

“Sultan Iskandar ini merupakan salah satu tokoh yang kita agungkan, karena itu kita meminta restu dan meminta dukungan agar TP Sriwijaya ini dapat melaksanakan amanah dari pendirinya agar TP sriwijaya ini dapat lebih memajukan pembangunan di Sumsel ini,” katanya.

Dia menambahkan, seiring dengan sinergi TP Sriwijaya bersama pemerintah daerah baik Kabupaten/Kota maupun provinsi, bagi kami ini sesuatu hal yang luar biasa bisa diterima dengan baik oleh Sultan Iskandar Mahmud Badarudin.

“Kedepanya kita berharap agar kerjasama kita bersama sultan Iskandar ini bisa berjalan dengan baik dan bisa saling suport dan saling mendukung dari berbagai sisi agar sumber daya alam dan sumberdaya manusia di Sumsel,” tandasnya.

Menyikapi hal ini,  Ketua Umum DPD TP Sriwijaya Sumsel R Febriansyah Tradjumas Rozak SH.MM mengatakan, bahwa program kerja ini sudah direncanakan dari jauh jauh hari dan selanjutnya akan mengagendakan kunjungan ke para sesepuh dan forkofinda lainnya.

“Kita akan berkolaborasi untuk mengadakan kegiatan seperti talk show, webinar, seminar terkait adat dan budaya dari kesultanan Palembang ini, “tuturnya.

“Kedepanya kita berharap agar kerjasama kita bersama sultan Iskandar ini bisa berjalan dengan baik dan bisa saling suport dan saling mendukung dari berbagai sisi agar sumber daya alam dan sumberdaya manusia di Sumsel,” tandasnya. (JM)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button