ADVERTORIAL

Rapat Paripurna LVII (57) DPRD Sumsel Tentang Penetapan Rencana Kerja 2023

Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Sumsel menetapkan Rencana Kerja DPRD Tahun 2023. Rencana kerja ditetapkan setelah secara aklamasi seluruh Anggota DPRD Provinsi Sumsel menyetujuinya Pada Rapat Paripurna LVII (57) dengan Agenda Penetapan Rencana Kerja DPRD Prov. Sumsel Tahun 2023, Bertempat di Aula DPRD Provinsi Sumsel Kamis (29/9).
Rapat Paripurna LVII (57) dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumsel H.M. Giri Ramanda N Kiemas, SE, MM didampingi oleh wakil ketua DPRD Hj. Kartika Sandra Desi, SH, MM,  dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel Ir. S.A.Supriono dan Perwakilan OPD serta tamu undangan lainnya.
Rapat Paripurna diawali dengan pengambilan keputusan Bersama Seluruh Anggota DPRD Prov. Sumsel Peserta Rapat Paripurna terhadap rencana kerja tersebut, dan Seluruh Peserta pun menyetujui Rencana Kerja tersebut secara aklamasi.
Setelah Pengambilan persetujuan oleh Seluruh Anggota Dewan Peserta Rapat, dilanjutkan dengan prosesi penandatanganan Keputusan DPRD Prov. Sumsel tentang Rencana Kerja tersebut, yang draft Keputusannya telah terlebih dahulu dibacakan oleh Sekretaris DPRD Prov. Sumsel; Ramadhan S. Basyeban, S.H. MM. dan telah disetujui oleh seluruh Anggota Dewan peserta rapat.
Sebelumnya,  Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya menyampaikan jawaban Gubernur terhadap Pandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD Provinsi Sumsel terhadap Raperda APBD Provinsi Sumsel Tahun Anggaran 2023 Pada Rapat Paripurna LVI (56) di Ruang Serbaguna LT. III DPRD Provinsi Sumsel, Kamis (29/9). Dalam jawaban tertulis Gubernur Herman Deru yang dibacakan  Wagub Mawardi Yahya menyampaikan ucapan terima kasih dan  apresiasinya   atas saran, kritik, dukungan serta masukan yang diberikan oleh 9 Fraksi DPRD kepada Pemerintah Provinsi Sumsel.
Beberapa jawaban Gubernur Sumsel terhadap pandangan umum Fraksi DPRD di sampaikan Wagub Mawardi Yahya diantarnya menjawab Fraksi Partai PDI Perjuangan.
Wagub menyampaikan sependapat bahwa APBD mempunyai peran yang sangat strategis untuk mendukung aktivitas pemerintah dalam menjalankan fungsinya baik untuk menunjang pelayanan publik, implementasi dari berbagai produk regulasi dan terhadap APBD Provinsi Sumsel tahun anggaran 2023 difokuskan dengan tema Sumsel Maju untuk Semua.
“Pada prioritas pembangunan daerah yang tercantum didalam Dokumen RKPD tajun 2023 yaitu meningkatkan kesejahteraan sosial, ekonomi, pembangunan infrastruktur dan wilayah berbasis lingkungan dan tata ruang reformasi birokrasi dan stabilitas daerah,” katanya.
Kemudian Wagub Mawardi Yahya mengucapkan terima kasih terhadap saran yang disampaikan Fraksi Gerinda agar Pemprov Sumsel terus proaktif dan berinovasi dalam mencari sumber -sumber PAD yang baru dan menggeliatkan BLUD untuk dapat memberikan pelayanan yang optimal dan profesional sehingga memberikan kontribusi PAD.
Selanjutnya menjawab  Fraksi PKB, Mawardi Yahya mengucapkan terima kasih atas perhatian yang berikan berkaitan dengan apresiasi terhadap Nota Keuangan Raperda tentang APBD Tahun 2023.
“Kami mengucapkan terima kasih atas apresiasi terhadap peningkatan pendapatan daerah yaitu ssbesar lebih dari Rp. 129 Miliyar atau 1,22 persen. Pemprov Sumsel akan selalu meningkatkan kinerja serta melibatkan sekua pihak dalam rangka pengelolahan pendapatan daerah Provinsi Sumsel,” katanya.
Kepada Fraksi Partai Demokrat, Wagub mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang disampaikan terkait telah dilaksanakannya penyusunan Rancangan APBD Tahun 2023 serta penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama terhadap KUA dan PPAS Tahun Anggaran 2023 sesuai jadwal yang ditetapkan.
“Kami sependapat proses pengelolahan keuangan daerah harus dilakukan secara tertib, efisien, ekonomis, efektif, transparan dan bertanggung jawab dengan memperhatikan rasa keadilan, kepatuhan dan manfaat untuk masyarakat serta taat kepada peraturan perundang-undangan,”ungkapnya.
Kemudian menjawab Fraksi PAN, Wagub mengucapkan terima kaish atas apresiasi yang disampaikan terkait kerja sama yang baik dan harmonis di dalam pembahasan Raperda APBD tahun anggaran 2023 sehingga dapat berjalan dengan baik dan lancar.
“Terhadap optimalisasi potensi sumber-sumber pendapatan baik dari pajak daerah maupun retribusi daerah serta sektor pendapatan lainnya sebagai pemasukan daerah,” ujarnya.
Kepada Fraksi Partai Hanura Perindo, Mawardi Yahya juga menyampaikan ucapkan terima kasih atas pernyataan yang disampaikan bahwa Penyusunan Raperda APBD Tahun Anggaran 2023 telah mempedomani dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.
Selanjutnya Wagub berterima kasih atas saran dan masukannya terkait perbaikan pelayanan dengan cara memberikan kemudahan dalam hal pemenuhan kewajiban pajak sehingga para wajib pajak merasa nyaman untuk memenuhi kewajibannya dalam membayar pajak.
“Terkait hal tersebut Pemprov Sumsel terus memperbaiki sarana dan prasarana dalam hal pelayanan kepada wajib pajak,” tutupnya.
Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumsel, H.M Giri Ramanda N Kiemas saat membuka rapat mengatakan sebelumnya 9 Fraksi DPRD Sumsel sudah menyampaikan pandangan umumnya melalui Juru Bicaranya masing diantaranya Fraksi Partai Golkar, Fraksi Partai PDI Perjuangan, Fraksi Partai Gerindra, Fraksi Partai Demokrat, Fraksi Partai PKB, Fraksi Partai Nasdem, Fraksi PKS, Fraksi Partai PAN dan Fraksi Partai Hanura. (Adv/Humas)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button