PALEMBANG

Restorasi Sekanak Lambidaro Tahap 3  Dilanjutkan Tahun Depan

Pemkot Diminta Gerak Cepat Utilitas

Palembang, Medconas.com–Rencana pengerjaan restorasi Sekanak Lambidaro tahap 3 bakal dilanjutkan tahun 2023. Restorasi ini diharapkan mampu, mengendalikan banjir.

Hal itu disampaikan langsung, Kepala Bidang Keterpaduan Pembangunan Infrastruktur Sumber Daya Air (SDA) BBWS Wilayah Sumsel, Joni Rahalsya Putra, Senin (26/12/2022).

Ia mengatakan, BBWS telah melakukan perencanaan setelah selesai 2 tahap dari 10,9 Km panjang keseluruhan sungai tersebut.

Pada tahap 1 pada 2021, pengerjaan restorasi ini sepanjang 800 meter (kiri dan kanan) mulai dari Jembatan Karang – Jembatan PIM dengan anggaran sekitar Rp42 miliar.

Dilanjutkan tahap 2 pada 2022 sepanjang 1,5 Km (kiri dan kanan) mulai dari eks Ramayana – DPRD Sumsel. Dengan anggaran sekitar Rp70 miliar.

Ia berharap, untuk pengerjaan di tahun 2023, Pemerintah Kota Palembang dapat sigap menyelesaikan lebih awal hambatan dalam pengerjaan berupa utilitas di segmen yang akan di kerjakan.

“Hambatan pekerjaan pada proyek ini, yaitu utilitas PLN, Telkom, PDAM, PGN, pohon-pohon dan lainnya,” bebernya.

Pengerjaan bahkan terhambat sampai 3 bulan karena utilitas belum siap (clear). untuk itu pada 2023 persoalan hambatan ini agar diselesaikan lebih cepat.Sebab, setelah pengerjaan restorasi Sekanak Lambidaro tahap 2 untuk tahun anggaran 2022 selesai, maka proyek ini tetap akan berlanjut pada 2023.

“Pengendalian banjir untuk sistem Sekanak Lambidaro Major projects 2023 tetap lanjut,” katanya.

” Fokus kita saat ini adalab oengendalian banjir dan penguatan tebing Sungai Sekanak Lambidaro hulu Kota Palembang (tahap 3),” tambahnya seraya menambahkan selain program restorasi, ada juga pemeliharaan Embung Jakabaring, air baku Ogan II, dan drainase utama Kota Palembang, serta operasi dan pemeliharaan kolam retensi Brimob, dan kolam Pompa Bendung.

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button