SUMSEL

RSMH Palembang : Ada 6 Kasus Ginjal Akut Pada Anak, 2 Diantaranya Meninggal Dunia

Palembang,Medconas.com—Rumah Sakit Moehammad Hoesin (RSMH) Palembang merilis setidaknya terdapat
6 kasus ginjal Akut pada anak di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang mengalami peningkatan jumlah pasien dari sebelumnya yang hanya 2 kasus. Hal ini diungkapkan Plt Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan dan Penunjang dari RSMH Palembang, Marta Hendry.

Ia mengatakan, dari 6 kasus ginjal akut pada anak ini terdiri dari 5 orang anak berasal dari provinsi Sumsel dan 1 anak berasal dari Provinsi Jambi yang dirujuk ke RSMH Palembang.

“Dari 6 kasus ini terdapat 2 anak yang meninggal, 1 sembuh, dan 3 masih menjalani perawatan,” ujarnya, Selasa (25/10/2022)

Marta menjelaskan, 2 anak yang meninggal tersebut yaitu satu anak dari berasal dari Palembang dan satu anak lagi berasal dari Jambi. “Dimana sebelumnya mengalami keluhan batuk, demam, muntah-muntah, dan sakit perut. Jadi sementara ini, 1 kasus asal Kabupaten Lahat sudah dinyatakan sembuh. Artinya hanya tiga yang masih menjalani perawaran medis,” jelasnya

Menurutnya, penyakit gagal ginjal ini bukanlah penyakit menular sehingga tidak perlu di isolasi. Bahkan kata dia, Dinkes pun sudah berkoordinasi dengan sejumlah instansi dan stakeholder untuk merumuskan mitigasi selanjutnya.

“Kami mengimbau masyarakat agar tidak panik. Yang penting menerapkan pola hidup bersih dan sehat,” ungkap Marta

Marta menambahkan, pihaknya juga meminta untuk menghindari makanan yang berlemak dan kolesterol tinggi untuk anak-anak, karena ini lebih sering terjadi pada anak usia mulai dari 1 tahun hingga remaja 18 tahun. “Untuk terkait obat-obatan sesuai imbauan dari Kemenkes. Jenis sirup jangan dipakai dulu sembari menanti hasil resminya. Jika anak demam, sementara waktu bisa menggunakan obat tablet,” katanya.

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button