PRABUMULIH

Peringati Hari Bumi, Pertagas OSSA Gelar Kegiatan Penanaman Pohon

Prabumulih, Medconas.com–PT. Pertamina Gas (Pertagas) selaku afiliasi Sub Holding Gas Pertamina menyelenggarakan kegiatan penanaman pohon Endemik Sumatera dalam rangka memperingati Hari Bumi.

Kegiatan penanaman pohon ini dilaksanakan oleh Pertagas Operation South Sumatera Area (OSSA) bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Prabumulih pada April 2023 ini.

Kegiatan penanaman pohon ini diikuti oleh jajaran manajemen Pertagas OSSA, Kasie Dinas Lingkungan Hidup Kota Prabumulih dan Lurah Cambai.

Tema Hari Bumi tahun ini yaitu Invest in Our Planet, Pertagas OSSA menanam 20 bibit pohon yang terdiri dari 10 jenis di Lokasi Lahan Keanekaragaman Hayati Kelurahan Cambai, Kota Prabumulih.

Jenis pohon yang ditanam diantaranya Meranti Kuning, Damar Hitam, Merawan Kerangas, Pulai Putih, Sonokeling, Trembesi, Mahoni, Bambang Lanang serta Damar.

Kegiatan penanaman pohon ini merupakan bukti komitmen Pertagas terhadap kelestarian bumi dan pengurangan emisi karbondioksida.

Dalam kurun waktu sampai dengan tahun 2023 Pertagas OSSA sudah menanam sebanyak 2.153 pohon di lahan keanekaragaman hayati yang dikelola secara kontinyu oleh Pertagas OSSA.

Penanaman pohon oleh Pertagas ini mampu mengurangi Emisi C02 sebanyak 15.656 ton/pohon/tahun.

Penanaman pohon merupakan kegiatan yang menjadi investasi untuk masa depan agar lingkungan tetap lestari.

Menanam pohon ini juga merupakan wujud nyata dan upaya berkelanjutan Pertagas dalam merealisasikan prinsip Environmental, Social, dan Governance ( ESG ) serta mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia di tahun 2030.

Act. Manager South Sumatera Area, Noor Syamsul menyampaikan kegiatan hari ini merupakan salah satu dari program TJSL perusahaan dibidang lingkungan.

“Tingginya konsentrasi emisi karbon di atmosfer perlu direduksi oleh kemampuan alamiah pepohonan dalam penyerapan senyawa berbahaya ini, penanaman pohon menjadi salah satu opsi terbaik dalam menekan dampak krisis iklim dan menjadi solusi efektif karena menyerap emisi karbon dalam durasi relative singkat dan berdampak signifikan bagi lingkungan” ujar Noor Syamsul.

Hari Bumi diperingati pada tanggal 22 April setiap tahunnya di seluruh dunia untuk menunjukan dukungan bagi perlindungan lingkungan serta untuk meningkatkan kesadaran untuk menjaga bumi yang kita tinggali.

Untuk itu, Pertagas selalu berkomitmen untuk terus menunjukkan kepedulian terhadap kelestarian bumi sehingga memberi dampak positif terhadap lingkungan, komunitas lokal, dan masyarakat luas.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button