PALEMBANG

Pendaftaran Bacaleg Resmi Dibuka, KPU Palembang Ingatkan Hal Ini..!

Palembang, Medconas.com
— KPU Kota Palembang buka pendaftaran bacaleg yang dimulai sejak besok, Senin (1/4/2023) hingga dua pekan kedepan atau tanggal 4 Mei 2023.Hal ini disampaikan langsung Anggota KPU Kota Palembang Divisi Sosialisasi , pendidikan pemilih, partmas dan SDM KPU Kota Palembang Kurniawan,SE.MM.

Dalam kesempatanya Kurniawan menyebut,
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota palembang, membuka pendaftaran bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) dari 18 partai politik peserta Pemilu 2024 sedia dengan Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2023 tentang Pencalonan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR) RI dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

“Parpol dapat mencalonkan caleg maksimal 100 persen dari jumlah kursi di tiap daerah pemilihan,”ujarnya dikutip dari maklumatnews.com,Ahad (30/4/2023).

Kurniawan menyebutkan bacaleg yang boleh mendaftar dari setiap parpol maksimal 50 orang. yang tersebar di 6 Daerah Pemilihan yang ada dikota palembang.sementara alokasi kursi dimasing masing Daerah Pemilihan Dapil 1: 10 kursi, dapil 2 : 11 kursi, dapil 3: 6 kursi, dapil 4 : 9 kursi, dapil 5: 6 kursi dan dapil 6 : 8 kursi

Kurniawan menerangkan, bahwa proses pendaftaran dengan mekanisme “less paper” atau tanpa kertas yang artinya parpol mengunduh dan mengunggah dokumen secara digital di sistem informasi pencalonan (Silon) KPU.

“Setelah lengkap baru daftar ke KPU kota Palembang tanpa membawa dokumen para bacaleg,” katanya.

Ia menyampaikan KPU Kota Palembang juga membuka helpdesk dan mempersilakan parpol untuk melakukan koordinasi dan konsultasi ke KPU kota Palembang.

Fasilitas tersebut disediakan KPU Kota Palembang agar proses pendaftaran secara digital tersebut dapat berjalan dengan baik.

“KPU kota Palembang berharap parpol dapat melaksanakan semua tahapan pendaftaran dengan baik sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh KPU,” tandasnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button