PALEMBANG

Bakal Dihapus, Gaji Honorer 2024 Dipertanyakan, Ini Jawaban Sekda Palembang Ratu Dewa

Palembang, Medconas.com— Menanggapi rencana penghapusan tenaga honorer November 2023 serta berkaitan dengan anggaran gaji tahun 2024, Sekretaris Daerah ( Sekda) Kota Palembang H Ratu Dewa angkat bicara.

Menurutnya, meski belum secara resmi diputuskan, rencana penghapusan tenaga honorer November 2023 tersebut erat kaitannya dengan kontrak non PNSD/ honorer yang hanya sampai Desember 2023 sesuai arahan kementerian bahwa tenaga honorer untuk beralih menjadi Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Kata Dewa, kebutuhan PPPK yang diajukan untuk formasi tahun 2023 tetapi sekarang sedang menunggu persetujuan dari Menpan adalah guru 1.300, tenaga kesehatan (nakes) 400 dan tenaga teknis lainnya 144.

” Ini yang kita usulkan, tapi masih menunggu persetujuan Menpan. Totalnya 1.844 dengan formasi guru, tenaga kesehatan dan teknis,” katanya.

Mengenai jumlah Non PNSD dilingkungan Pemerintah Kota Palembang, menurut Dewa yang ada sekarang totalnya 3.905 orang. Tetapi yang sedang dalam proses menunggu SK PPPK sebanyak 153 orang guru dan 9 orang tenaga teknis.

” Mengenai gaji, kita pastikan tahun depan masih dianggarkan untuk gaji non PNSD, ” katanya.

Sebelumnya di kabarkan, para honorer merasa risau bakal menjadii pengangguran tanpa gaji bulanan seperti biasanya setelah di-PHK massal pada akhir 2023 tersebut.

“Apakah kami tetap menerima gaji pada 2024, apakah ribuan honorer yang belum jadi PPPK ini akan di-PHK, itu menjadi pertanyaan besar bagi kami,” kata HR salah seorang honorer di lingkungan Pemerintah Kota Palembang, Jumat (4/8/2023).

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button